Kunjungi Fuzhou University China, Unissula Percepat Realisasi Smart Campus

Berita, Nasional27 Views

Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) terus berupaya mempercepat realisasi visi Smart Campus secara menyeluruh. Salah satunya melakukan kunjungan benchmarking di Fuzhou University (FZU), Tiongkok. ​Kunjungan tersebut sekaligus memperkuat ekosistem digital dan layanan akademik, Sabtu (27/09/2025).

Tim Unissula yang dipimpin Wakil Rektor I Dr Mochamad Abdul Basir MPd beserta para pakar teknologi disambut langsung oleh perwakilan FZU. Pertemuan ini fokus pada pemaparan dan diskusi implementasi teknologi informasi di FZU. Mulai dari sistem informasi terintegrasi hingga pengelolaan infrastruktur digital yang mendukung proses belajar mengajar, penelitian, dan administrasi kampus yang efisien.

Selanjutnya rombongan Unissula dijelaskan alur kerja dan sistem aplikasi digital kampus FZU. Serta studi kasus pengelolaan platform layanan digital terpadu.

Implementasi Smart Campus FZU yang sukses menjadi tolok ukur penting bagi Unissula, terutama dalam mengoptimalkan penggunaan cloud computing dan layanan mobile untuk mahasiswa dan dosen. Diharapkan, pengalaman dan pengetahuan yang didapat dari FZU akan menjadi bekal berharga dalam mendesain ulang arsitektur teknologi informasi Unissula agar lebih responsif dan modern.

​Kunjungan benchmarking ini menegaskan komitmen Unissula untuk menjaga kualitas pendidikan tinggi yang relevan di era disrupsi teknologi.

Hasil dari pertemuan ini tidak hanya berupa transfer pengetahuan teknis, tetapi juga potensi penjajakan kolaborasi lebih lanjut antara kedua universitas. Baik dalam bidang pertukaran pelajar, riset bersama, maupun pengembangan kurikulum berbasis teknologi.

Lebih lanjut langkah strategis ini diharapkan dapat memperkuat posisi Unissula sebagai perguruan tinggi Islam yang unggul, terdepan dalam inovasi, dan berdaya saing global dengan mewujudkan kampus yang benar-benar cerdas dan terhubung di masa depan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *